Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Operasi Caesar, 5 Tips Terbaiknya!!!

Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Operasi

menghilangkan rasa sakit setelah operasi
menghilangkan rasa sakit setelah operasi

Seorang ibu yang telah melewati masa kehamilan 9 bulan 10 hari, selanjutnya akan melewati persalinan yang dapat membuat khawatir. Melahirkan adalah waktu yang menyenangkan, karena bunda akan bertemu dengan bayi yang tumbuh di dalam rahim. Persalinan yang dapat dilewati ada 2 yaitu persalinan normal dan persalinan operasi caesar. Bunda yang memilih persalinan operasi caesar pasti akan merasakan sakit setelah operasi caesar,apalagi jika obat bius sudah hilang. Nah, untuk itu pastinya bunda membutuhkan info untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi caesar bukan? Yuk, simak bersama mengenai cara menghilangkan rasa sakit setelah operasi caesar.

Operasi caesar lebih umum dari sebelumnya, pada beberapa kasus wanita memilih untuk memiliki operasi caesar daripada persalinan normal. Biasanya persalinan melalui operasi caesar ini diperlukan secara medis atau dilakukan dalam keadaan darurat. Namun, tidak apa-apa jika itu sudah menjadi pilihan bagi bunda untuk proses persalinan. Pemulihan dari proses persalinan operasi caesar ini bisa hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Penyembuhan luka pasca operasi caesar agar cepat yaitu rawat dengan benar bekas luka agar tidak terjadi komplikasi seperti infeksi. Merawat luka adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan setelah operasi caesar. Semakin cepat luka sembuh, semakin cepat bunda kembali beraktifitas seperti semula.

Resiko Pasca Operasi Caesar Yang Mungkin Terjadi

Operasi caesar kerap dipilih sebagian wanita lantaran dianggap lebih cepat dan tidak terasa sakit. Namun, yang perlu bunda tau yaitu bahwa bekas luka operasi bisa menimbulkan rasa sakit jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Maka pastinya banyak yang mencari cara untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi. Perlu bunda tau, bahwa luka yang terjadi pada persalinan normal hanya terdapat pada jalan lahir yang memamng sudah diciptakan. Sedangkan operasi caesar luka yang sengaja dibuat untk jalan lahir melalui perut dan membuka rahim. Proses penyembuhan bekas luka pastinya juga berbeda, dimana jika bunda melakukan persalinan normal boleh langsung pulang atau menginap sehari di rumah sakit. Apabila bunda melakukan persalinan melalui operasi caesar, bunda diharuskan menginap selama 3 hari.

Proses penyembuhan pasca operasi caesar sendiri memakan waktu 3-6 bulan. Itupun tergantung kondisi bekas luka terdapat infeksi aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang dideritanya. Rasa sakit pada bekas luka setiap ibu juga berbeda-beda, seperti perbedaan panjang luka, proses penjahitan luka, dan kondisi psikologis turut mempengaruhi keparahan nyersi tersebut. Selain itu ada beberapa faktor juga yang dapat memperlambat proses pemulihan. Misal karena adanya peregangan pada daerah sekitar luka dan tekanan pada perut akibat aktifitas berat atau gerakan tertentu.

baca juga : Bahaya Anemia Saat Hamil, Begini Cara Yang Benar Untuk Mencegahnya!!!

Resiko pasca operasi caesar yang sering terjadi yaitu infeksi. Infeksi adalah invasi tubuh oleh patogen atau mikroorganisme yang mampu menyebabkan sakit. Infeksi pasca operasi adalah infeksi dari luka yang didapat setelah operasi. Dapat terjadi diantara 30 hari setelah operasi, biasanya terjadi antara 5 sampai 10 hari setelah operasi. Infeksi luka operasi ini dapat terjadi pada luka yang tertutup maupun pada luka yang terbuka. Infeksi dapat terjadi pada jaringan superfisial (yang dekat dengan kulit) ataupun pada jaringan yang lebih dalam. Pada kasus yang serius, infeksi pasca operasi dapat mengenai organ tubuh.

menghilangkan rasa sakit setelah operasi
menghilangkan rasa sakit setelah operasi

Infeksi pada luka operasi membutuhkan perhatian khusus oleh tenaga medis secara langsung karena infeksi dapat sangat berbahaya bila menyebar dan mengenai organ yang vital. Berikut gejala infeksi luka operasi:

  • Terdapat nanah, darah atau cairan yang keluar dari luka operasi
  • Terdapat rasa nyeri, bengkak, memerah, menghangat dan demam
  • Luka operasi yang tidak kunjung sembuh atau mengering

Bila luka operasi bunda memiliki tanda-tanda di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter yang agar mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan bunda. Luka operasi yang terinfeksi memerlukan evaluasi dan dapat dilakukan prosedur membuka jahitan operasi untuk membersihkan daerah yang luka. Penanganan yang paling utama pada infeksi luka operasi adalah memastikan infeksi sudah dibersihkan, kemudian diberikan pengobatan antibiotik secara suntik, minum maupun oles.

Bekas luka pasca operasi caesar juga bisa terasa sakit, Mengapa? Karena hal tersebut merupakan hal yang normal dan umum terjadi. Beberapa langkah dapat diambil untuk meminimalisasi atau meredakannya, namun rasa sakit pasca operasi dapat memburuk ketika disertai dengan tanda-tanda lainnya, yang bisa jadi adalah komplikasi setelah operasi yang butuh penanganan medis. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak yang menjalani operasi juga merasakan nyeri yang sama, dan mereka biasanya akan mengekspresikan rasa nyerinya dengan ucapan seperti sakit. Penyebab rasa nyeri biasanya datang pada penyayatan pada kulit yang akan merangsang saraf untuk menghantarkan sinyal rasa nyeri ke otak. Seiring tubuh yang mulai sembuh, rasa nyeri seharusnya berkurang dan akhirnya hilang sama sekali. Lamanya nyeri pasca operasi dapat tergantung dari beberapa faktor seperti kondisi kesehatan seseorang, adanya penyakit lain, dan juga kebiasaan merokok.

Untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi, dokter biasanya sudah meresepkan obat untuk meringankannya. Beberapa jenis obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri, antara lain, asetaminophen, nonsteroidal anti-inflammatory medications (NSAID), seperti ibu profen dan naproxen. Banyak orang yang tidak mau mengonsumsi obat anti nyeri yang diresepkan oleh dokter dengan alasan takut ketagihan. Sebenarnya ketagihan obat anti nyeri sangat jarang terjadi. Bahkan terkadang, tidak menggunakan obat anti nyerilah yang berbahaya. Rasa sakiti yang hebat terkadang membuat seseorang susah mengambil napas dalam dan meningkatkan risiko pneumonia. Sakit juga dapat membuat seseorang sulit melakukan pekerjaan sehari-hari, seperti berjalan, makan dan tidur. Padahal gizi dan istirahat yang cukup sangat diperlukan dalam mempercepat proses kesembuhan luka akibat operasi.

Tips Terbaik Menghilangkan Rasa Sakit Setelah Operasi Caesar

Operasi terkadang menjadi salah satu tindakan medis yang dianggap menakutkan oleh banyak orang. Jika bunda merasa gugup sebelum proses operasi dimulai, itu merupakan hal yang wajar dan sering terjadi pada setiap orang. Agar dapat mengurangi rasa takut dan gugup sebelum operasi, aktiflah untuk menanyakan beberapa hal seputar operasi kepada dokter bedah sebelum tiba saatnya masuk ke ruang operasi. Salah satu operasi besar yang banyak terjadi yaitu operasi caesar. Melakukan operasi caesar bukanlah hal yang mudah, karena setelahnya bunda aka mendapatkan bekas luka dan lebih besar mendapatkan resiko. Rasa sakit juga kerap menghampiri bunda ketika aktifitas yang dilakukan terlalu berat.

baca juga : Senam Setelah Melahirkan Caesar, Kapan Sebaiknya Dilakukan?

Operasi caesar termasuk salah satu prosedur operasi besar dan biasanya menyebabkan rasa sakit yang muncul karena irisan kulit pada operasi tesebut. Rasa sakit ini bisa bertahan hingga beberapa minggu yang akan berkurang seiring berjalannya waktu. Umumnya, penyembuhan pasca operasi caesar bisa memakan waktu 4 hingga 6 minggu sampai sembuh total, namun hal jangka waktu pun berbeda-beda setiap orang.

menghilangkan rasa sakit setelah operasi
menghilangkan rasa sakit setelah operasi

Berikut tips terbaik untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi caesar :

  1. Istirahat Yang Cukup

Operasi caesar sama halnya dengan operasi besar lainnya, pastinya tubuh akan membutuhkan waktu untuk penyembuhan setelahnya. Umumnya pasca operasi bunda pasti akan menginap di rumah sakit selama kurang lebih 3-5 hari. Tetapi bisa juga lebih cepat, tergantung dengan kondisi masing-masing setiap orang. Pada 6 minggu pertama pasca operasi berikan tubuh bunda untuk istirahat sepenuhnya agar cepat sembuh. Bunda mungkin juga mendengar saran dari teman dan kerabat yang bermaksud baik “Beristirahatlah setiap kali bayi bunda tidur.” Benar adanya, cobalah untuk melakukan hal tersebut untuk mengatur waktu istirahat yang cukup.

  1. Tidak mengangkat Benda Berat

Bunda pasca operasi caesar ada baiknya tidak mengangkat barang yang lebih berat dari bayi. Sebaiknya minta tolong pada suami atau keluarga untuk membantukannya. Ketika bunda ingin bersin atau batuk, peganglah perut bunda untuk melindungi situs insisi. Bisa hingga 8 minggu bagi bunda untuk kembali ke rutinitas normal. Tanyakan pada dokter jika bunda sudah ingin berolahraga, kembali bekerja, dan berkendara. Jika ingin melakukan olahraga, ada baiknya lakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jalan-jalan ringan.

  1. Makan Makanan Bernutrisi

Nutrisi baik setelah operasi sama pentingnya seperti saat bunda mengandung selama 9 bulan. Terlebih jika bunda menyusui , haruslah menjaga sumber nutrisi utama untuk bayi. Makan berbagai makanan akan menjaga bayi tetap sehat dan membantu agar lebih kuat. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran saat meyusui memberi rasa pada ASI yang meningkatkan kenikmatan supaya bayi dapat tumbuh dengan baik.

  1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Perbanyak konsumsi air putih pasac operasi juga sangatlah dibutuhkan oleh tubuh bunda. Karena saat proses persalinan bunda mengeluarkan banyak tenaga. Jangan sampai bunda dehidrasi pasca operasi caesar.

  1. Konsumsi Obat Pereda Sakit

Biasanya, jika bunda merasa sakit pada beka luka. Dokter atau perawat akan memberi obat pereda nyeri. Apabila bunda ingin mengonsumsi obat-obatan lain sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter, terutama jika bunda menyusui. Selain obat, bunda bisa menggunakan bantal pemanas untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi caesar.

Namun, ada rekomendasi obat herbal untuk menghilangkan rasa sakit setelah operasi yang pastinya aman dan baik untuk dikonsumsi oleh bunda. Obat herbal ini juga baik untuk ibu menyusui, karena produksi ASI tidak terhambat. Obat herbal itu Kapsul Kutuk Premium.

APA KAPSUL KUTUK PREMIUM?

MENGAPA HARUS KONSUMSI KAPSUL KUTUK PREMIUM?

Kapsul Kutuk Premium ini merupakan obat herbal 100% alami yang dibuat dari ekstrak ikan Channa Striata, diproses secara ilmiah dan modern. Sangat efektif dan efisien untuk membantu proses pembentukan jaringan sel baru, serta mengandung ekstrak Channa Striata diolah secara higienis dan modern serta memiliki konsentrasi ekstraksi dengan perbandingan 10:1 yang ± setara dengan 5000 mg simplisia kering Channa Striata. Channa Striata dikenal sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting dan sangat diperlukan dalam proses penyembuhan pasca operasi, luka bakar, luka kecelakaan, dan pasca melahirkan.

menghilangkan rasa sakit setelah operasi

Kapsul Kutuk Premium dikelola dari 100% Channa Striata dengan proses ekstraksi untuk mengoptimalkan khasiat Channa Striata, sehingga memudahkan untuk diserap dan dikeluarkan oleh tubuh tanpa mengawatirkan akan efek samping dari obat Kapsul Kutuk.

KHASIAT KAPSUL KUTUK PREMIUM,Sebagai berikut :

  • Mempercepat penyembuhan luka dalam/luka luar (1 minggu pertama)
  • Membantu menghilangkan edema (pembengkakan) pasca melahirkan
  • Sebagai suplai gizi busui (ibu menyusui) ASI eksklusif
  • Terbukti menstabilkan Hemoglobin darah (Hb) pasca melahirkan
  • Menghindari infeksi seperti darah nifas bau busuk

Selain ampuh untuk obat luka pasca operasi casear, kapsul kutuk premium ini juga mempunyai manfaat lain, seperti :

  • Meningkatkan kadar albumin darah
  • Memperbaiki gizi buruk/anak susah makan
  • Membantu penyembuhan autis
  • Membantu merevitalisasi kesehatan kuit agar lebih berseri (merangsang pembentukan kolagen)
  • Membantu proses penyembuhan pada penyakit : Hepatitis, TBS/infeksi paru, Nephotric Shyndrome, Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah tulang, Gasiritis, ITP, HIV, Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.

menghilangkan rasa sakit setelah operasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *