Jahitan Caesar Di lem? Beginilah Yang Terjadi Setelah Operasi Caesar

Jahitan Caesar Di Lem?

jahitan caesar di lem
jahitan caesar di lem

Jahitan caesar di lem – Menjalani operasi caesar merupakan salah satu yang harus dipahami dengan baik, baik sebagai suatu pilihan yang diambil secara sengaja ataupun sebagai prosedur darurat. Mengetahui apa yang akan terjadi pada Anda dan bayi akan membuat Anda lebih tenang saat menjalani operasi caesar. Anda akan merasakan sejumlah gerakan dan tekanan saat dokter memasukkan tangannya dan mengeluarkan bayi. Setelah itu uterus dijahit dengan benang yang akan terurai dalam tubuh. Lapisan-lapisan abdominal lalu di jahit, dan akhirnya kulit pun dijahit, direkatkan atau distaples hingga tertutup. Namun, bagaimana dengan jahitan caesar di lem? Berikut akan kami jelaskan mengenai hal tersebut.

Apakah Pilihan yang Tepat Menutup Jahitan Caesar Di Lem?

Menutup jahiran pasca operasi ada beberapa cara yaitu dengan staples, jahitan, dan lem. Setiap metode dapat dan baik digunakan pada semua ibu hamil, semua tergantung pada kondisi masing-masing ibu hamil. “Jika ibu hamil mengalami pendarahan dan ada kemungkinan kembai lagi ke ruang operasi, maka staples menjadi opsi yang tepat,” jelas Katherine R. Goetzinger, MD., dokter kandungan dari Saint Louise, Amerika. Alasan lain adalah jika kulit Anda sudah terlalu menggelambir karena sudah beberapa kali melakukan operasi caesar atau karena mengalami penurunan berat badan yang drastis, maka staples adalah metode yang tepat untuk menutup luka.

Jika Anda khawatir dengan proses pengambilan staples dijahit dengan benang yang larut adalah pilihannya. Jadi sebaiknya konsultasi hal ini dengan dokter kandungan Anda. Sedangkan, metode dengan cara menutup jahitan caesar di lem mungkin jarang ditemukan di Indonesia. Dokter akan menggunakan lem super khusus yang kering dalam waktu 10 detik saja. Lem ini tahan air dan kedap udara, sehingga Anda tak perlu khawatir luka akan terbuka. Banyak wanita yang menyukai mtode ini karena tidak menimbulkan luka yang terlihat. Tak perlu ada yang ambil kembali, baik itu staples atau benang den mereka bisa langsung mandi tanpa mengkhawatirkan lukanya.

baca juga : Inilah Fakta Melahirkan Caesar Yang Perlu Ibu Ketahui

Di Indonesia sendiri penggunaannya sangat terbatas karena harganya yang mahal dan biasanya para dokter lebih memilih jahitan konvensional. Sebaiknya jarak kehamilan selanjutnya minimal 2 tahun supaya rahim benar- benar pulih dan siap mengandung. Bila tidak maka ditakutkan rahim yg belum pulih penuh saat hamil dan rahim membesar bisa terjadi robekan/ruptur. Jarak waktu tiap ibu tidak sama, tergantung kondisi kesehatan ibu tersebut.

Faktor lain yang berpengaruh pada bekas luka adalah :

1. Benang atau staples segera diambil dalam jangka waktu 3-5 hari
2. Kemampuan dokter dalam menjahit atau memasang staples
3. Perawatan pasca operasi yang dilakukan di rumah
4. Reaksi kulit terhadap metode yang dipilih

Ada juga yang ketika masuk kamar operasi sering meminta pada petugas kesehatan, kalau luka operasi caesar diperutnya tidak usah dijahit, tapi di kasih lem saja. Pemahaman yang keliru itu perlu diluruskan. Sebab, tidak ada luka operasi yang dilem, semua yang telah disayat dengan pisau tetap di jahit agar luka bertaut dan penyembuhan menjadi cepat.

Namun, Ilmuan telah mengembangkan terobosan dalam upaya pengobatan luka pada tubuh Anda. Inovasinya yakni menciptakan lem yang bisa menutup luka pada tubuh salam waktu satu menit saja. Nantinya dokter tak perlu menjahit luka pada tubuh Anda, cukup mengelemkan luka dan tunggu sebentar. Maksud jahitan caesar di lem itu tetap dijahit tetapi jahitannya bagus, tidak terlalu berbekas setelahnya. Tak seperti jahitan caesar biasa yang meninggalkan bekas luka yang cukup lama. Jahit caesar di lem lebih bagus dibandingkan dengan jahit biasa.

Dikutip dari Science Alert, ilmuwan menjelaskan lem itu merupakan gel yang berbasis methacryloyl-substituted tropoelastin (MeTro), protein elastis hibrida. Prinsip utama penggunaan jahitan caesar di lem yaitu hanya untuk tropical closure (penutup di permukaan). Harus dipastikan merembs ke dalam luka karena dapat memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan resiko infeksi. Tak semua dari anda dapat menggunakan lem tersebut, biasanya hanya untuk Anda yang tidak ada riwayat pendarahan dan infeksi serta status gizi baik. Efek samping berupa reaksi kulit seperti gatal,perih atau kemerahan serta reaksi alergi terhadap lem.

baca juga : Tips dan Penyebab Sakit Pinggang Setelah Melahirkan Caesar

Tanda – tanda jahitan caesar sudah sembuh

Melakukan operasi caesar, hal pertama yang diinginkan seorang ibu adalah ingin cepat sembuh agar dapat beraktifitas dan juga mengurus bayi dengan leluasa. Namun, biasanya operasi caesar memerlukan waktu yang agak lama untuk sembuh berkisar 5-6 minggu atau bahkan berbulan-bulan. Kulit biasnaya sembuh dalam waktu sekitar 5-50 hari. Sementara otot sepanjang dinding perut memakan waktu sekitar 4-6 minggu untuk menyembuhkan. Pada lapisan yang lebih dalam, otot rahim, akan memakan waktu sekitar 12 minggu untuk sembuh total.

Tanda caesar sembuh salah satunya terlihat pada bekas jahitan caesar yang mulai menyusut, biasanya luka sesar memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan lebar 0,3 cm dan seiring waktu akan lebih mengecil selama proses penyembuhan sekitar 6 minggu. Serta tentu saja diikuti dengan berkurangnya rasa sakit pada luka. Sama dengan luka lainnya, luka caesar juga akan menimbulkan bekas jika jahitan caesar kering. Tanda jahitan caesar kering juga ditandai dengan warna bekas jahitan yang lama kelamaan akan memudar seperti warna kulit disekitarnya.

Jika terasa gatal pada bekas jahitan, itu merupakan proses penyembuhan yang akan Anda alami dan hal itu termasuk normal. Diusahakan tidak menggaruk luka saat terasa gatal, hal itu justru akan membuatnya semakin buruk dan rentan menjadi infeksi. Serta bisa juga bekas jahitan sesar bengkak yang akan membuat ibu semakin khawatir dan proses penyembuhannya semakin lama.

jahitan caesar di lem
jahitan caesar di lem

Selain dengan mengetahui tanda jahitan caesar sudah sembuh, jahitan caesar akan sembuh bisa juga dengan mengkonsumsi makanan. Gambar diatas adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi agar proses penyembuhan lebih cepat. Berikut ini adalah penjelasan mengenai makanan yang harus kamu makan untuk bisa pulih lebih cepat pasca operasi :

1. Makanan kaya serat adalah makanan pertama yang harus banyak kamu makan. Makanan seperti roti gandum, sayur, dan buah adalah sumber serat yang sangat baik. Makanan ini juga mengandung banyak nutrisi penting dan vitamin. Serat dalam makanan ini juga akan mengatasi masalah sembelit setelah melakukan operasi.

2. Kamu juga disarankan untuk makan makanan yang kaya protein, karena akan membantu dalam penyembuhan cedera lebih cepat dan juga mendukung regenerasi awal jaringan.

3. Kamu juga memerlukan makanan kaya lemak sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh setelah operasi. Lemak juga membantu dalam memberikan kita energi setelah operasi. Mengkonsumsi lemak baik seperti kacang-kacangan, minyak zaitun dalam porsi yang tepat akan membantu tubuh menyerap vitamin yang mempercepat proses penyembuhan.

baca juga : Cara Diet Pasca Melahirkan Caesar Yang Benar dan Aman

4. Setelah operasi, perlu untuk mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk mengekang efek berbahaya dari radikal bebas yang dilepaskan selama operasi.

Buah-buahan seperti jeruk, dan sayuran seperti brokoli, bayam, dan wortel merupakan sumber yang baik dari antioksidan dan harus dikonsumsi sebelum dan setelah operasi untuk meminimalkan efek berbahaya dari operasi. Selain mengkonsumsi makanan-makanan tersebut kamu juga harus banyak minum air putih. Ini akan membuat tubuhmu selalu segar dan membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

baca juga : Obat Herbal Untuk Penyembuhan Pasca Operasi Caesar, Apakah Itu???

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat menambah wawasan Anda yang menginginkan proses persalinan melalui operasi caesar.

Rekomendasi Produk Herbal Untuk Ibu Pasca Operasi Caesar

jahitan caesar di lem

Info lebih lanjut klik disini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *