Luka Bekas Operasi Caesar Susah Kering? Ini Solusinya!!!

Luka Bekas Operasi Caesar

luka bekas operasi caesar
luka bekas operasi caesar

Memiliki bekas luka pasca operasi memanglah tidak nyaman dan mengganggu aktifias sehari-hari.  Salah satu yang ibu alami jika memilih proses persalinan melalui operasi caesar adalah luka bekas operasi caesar. Hal tersebut sangatlah tidak nyaman untuk dirasakan, namun itu adalah salah satu resiko seorang ibu yang memilih operasi caesar. Selain itu, ibu juga harus merawat luka bekas operasi caesar dengan baik agar tidak terjadi infeksi. Jika jahitan ibu sudah terkena infeksi, maka penyembuhan pasca operasi caesar akan lebih lama. Tidak menginginkan hal tersebut terjadi kan? Nah untuk itu mari kita simak mengenai tanda-tanda infeksi pada luka bekas operasi caesar dan cara mengatasi jika luka bekas operasi caesar susah kering.

Luka Bekas Operasi Caesar Yang Perlu Diketahui

Ibu mungkin mengalami pendarahan dari vagina hingga 6 minggu. Secara perlahan akanmenjadi berkurang merah, lalu merah muda, dan kemudian akan menjadi warna kuning atau putih. Pendarahan dan pengeluaran setelah melahirkan disebut lokia. Awalnya sayatan akan terangkat sedikit dan lebih merah daripada bagian kulit dan Ini mungkin tampak agak bengkak. Rasa sakit harus berkurang setelah 2-3 hari, tetapi ibu akan tetap lunak hingga 3 minggu atau lebih. Sebagian besar wanita membutuhkan obat nyeri untuk beberapa hari pertama hingga 2 minggu. Seiring waktu, luka bekas operasi caesar akan menjadi lebih tipis dan datar serta akan berubah menjadi putih atau seperti warna kulit.

baca juga : Masa Nifas Setelah Melahirkan Caesar, Apakah Harus 40 hari?

Jagalah area luka bekas operasi caesar agar bersih dengan mencucinya dengan sabun lembut dan air. Tidak perlu untuk menggosoknya, membiarkan air mengalir di atas luka di kamar mandi juga sudah cukup. Berikut akan dijelaskan mengenai bekas luka operasi yang perlu diketahui :

1. Ukuran dan letak luka bekas operasi caesar

Kebanyakan ibu akan memiliki bekas luka cesar sepanjang 4-6 inci. Sayatan operasi akan dibuat di bagian bawah perut secara horizontal. Bagi Bunda yang suka memakai bikini, luka ini tidak akan terlihat meski Anda memakai swimsuit yang seksi karena letaknya yang sangat rendah. Sayatan cesar berbentuk vertikal, yang melintang dari pusar ke bawah biasanya tidak dilakukan. Hal ini sering dilakukan pada zaman dulu. Namun di masa sekarang, dokter negara-negara berkembang tidak pernah melakukan sayatan cesar secara vertikal. Kecuali ada keadaan darurat atau komplikasi.

2. Apa yang terjadi jika kulit dibagian tersebut tertarik atau meregang?

Setelah menjalani operasi caesar beberapa bulan, kemungkinan ibu akan melihat luka bekas operasi caesar berwana kemerahan atau pink. Tapi tak perlu cemas, ini merupakan suatu hal yang normal dan bukan pertanda bahwa luka tersebut terkena infeksi ataupun bengkak. Luka bekas operasi caesar yang berwarna kemerahan merupakan bagian dari proses penyembuhan luka itu sendiri. Warnanya akan berubah menjadi pucat seiring dengan berjalannya waktu. Ibu akan melihat garis tipis samar yang hampir tidak nampak. Beberapa ibu juga akan mengalami keloid, yang menyebabkan bekas luka cesar menjadi tampak menebal dan sedikit menonjol. Biasanya dokter akan memberikan resep seperti krim kolagen untuk mengurangi gejalanya jika ini terjadi. Namun, jika ibu memiliki riwayat keloid yang membuat luka bekas operasi caesar terlihat lebih menonjol. Maka ibu akan mengalaminya setelah operasi caesar.

3. Tampilan dan tekstur luka bekas operasi caesar

Banyak ibu merasa khawatir setelah menjalani operasi caesar, karena takut bekas luka bekas operasi caesar terbuka saat kulit perut meregang untuk mengakomodasi kehadiran janin di rahim. Selain itu, ibu juga akan merasakan gatal di area luka bekas operasi caesar tersebut. Banyak keluhan gatal pada minggu ke 6 kehamilan, rasa gatal setelah operasi caesar adalah normal.

4. Rasa kebas di area luka bekas operasi caesar

Rasa kebas di area bekas luka adalah hal yang normal. Beberapa ibu akan kehilangan rasa kebas setelah beberapa bulan, namun ada pula yang merasakan kebas di bekas luka tersebut secara permanen. Pada beberapa kasus yang jarang terjadi, rasa sakit paska operasi bertahan selama bertahun-tahun. Konsultasikan dengan dokter jika ibu mengalami hal ini. Operasi cesar tidak akan menghalangi Bunda untuk beraktifitas seperti biasa, bahkan kemungkinan Bunda juga tidak akan pernah menyadari bekas luka itu sampai kehamilan berikutnya.

5. Akankah memiliki bekas luka disetiap kehamilan?

Jawabannya adalah tidak. Meskipun Bunda memiliki beberapa anak, tidak akan timbul bekas luka baru. Karena dokter biasanya hanya akan membuka kembali bekas sayatan operasi yang Bunda miliki untuk mengeluarkan bayi dan hal ini termasuk normal.

Apa Saja Resiko Infeksi Pada Luka Bekas Operasi Caesar?

Infeksi luka bekas operasi caesar adalah infeksi yang terjadi setelah operasi caesar, yang juga disebut sebagai persalinan abdominal atau sesar. Itu biasanya karena infeksi bakteri di situs insisi bedah. Tanda-tanda umum termasuk demam (100,5ºF hingga 103ºF, atau 38ºC hingga 39,4ºC), sensitivitas luka, kemerahan dan pembengkakan di situs, dan nyeri perut bagian bawah. Penting untuk segera diobati untuk mencegah komplikasi dari infeksi.

luka bekas operasi caesar
luka bekas operasi caesar

Beberapa ibu akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena infeksi luka pasca operasi caesar. Faktor resiko yang didapat antara lain :

  • Kegemukan
  • Diabetes atau gangguan imunosupresif (seperti HIV)
  • Korioamnionitis (infeksi cairan amniotik dan membran janin selama persalinan
  • Mengambil steroid jangka panjang (melalui mulut atau secara intravena)
  • Perawatan prenatal yang buruk (beberapa kunjungan ke dokter)
  • Operasi caesar sebelumnya
  • kurangnya antibiotik peringatan atau perawatan antimikroba pra-sayatan
  • kehilangan darah yang berlebihan selama persalinan, persalinan, atau operasi

Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di South African Medical Journal, wanita yang menerima jahitan nilon setelah operasi caesar juga lebih mungkin mengembangkan infeksi. Jahitan staples juga bisa bermasalah. Jahitan yang terbuat dari poliglikolida (PGA) lebih disukai karena jahitannya dapat diserap dan dapat terurai.

Jika Anda melahirkan caesar, penting untuk memantau tampilan lukanya dan ikuti petunjuk pasca operasi dokter Anda dengan cermat. Jika Anda tidak dapat melihat lukanya, minta orang yang dicintai memeriksa luka setiap dua hari untuk memperhatikan tanda-tanda infeksi luka. Memiliki kelahiran sesar juga dapat menempatkan Anda pada risiko untuk masalah lain, seperti pembekuan darah.

baca juga : Muncul Keloid Pasca Operasi Caesar? Beginilah Cara Mengatasi!!!

Hubungi dokter Anda untuk meminta nasihat atau mencari perawatan medis jika Anda memiliki gejala-gejala ini setelah Anda keluar dari rumah sakit:

  • sakit perut yang parah
  • kemerahan di situs insisi
  • pembengkakan situs insisi
  • debit nanah dari tempat insisi
  • rasa sakit di situs sayatan yang tidak hilang atau memburuk
  • demam lebih tinggi dari 100,4ºF (38ºC)
  • buang air kecil yang menyakitkan
  • kotoran vagina berbau busuk
  • pendarahan yang membasahi bantalan feminin dalam satu jam
  • pendarahan yang mengandung bekuan besar
  • nyeri kaki atau bengkak

Infeksi luka didiagnosis oleh:

  • penampilan luka
  • kemajuan penyembuhan
  • kehadiran gejala infeksi umum
  • kehadiran bakteri tertentu

Beginilah Cara Agar Luka Bekas OPerasi Caesar Cepat Kering

Bagi ibu yang selain memiliki masalah infeksi pada luka bekas oprerasi caesar, yaitu masalah luka bekas operasi caesar tidak cepat kering. Inilah cara terbaik untuk mengatasi hal tersebut :

luka bekas operasi caesar
luka bekas operasi caesar

1. Menjaga asupan nutrisi yang seimbang

Pastikan selalu ada makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, protein dan makanan berkalori tinggi. Jangan percaya mitos jaman dahulu bahwa telur, ayam, seafood membuat luka operasi menjadi gatal dan tidak cepat kering. Menurut dr. Samodra, asam amino dan protein sangat membantu penyembuhan luka.

2. Jaga luka operasi caesardalam keadaan kering, bersih, dan steril

Sekrang teknik pengobatan pasca operasi caesar sudah lebih canggih. Dulu mengganti perban luka sehari dua kali, tetapi saat ini hal tersebut sudah tidak perlu lagi. Saat pulang dari rumah sakit, luka operasi caesar akan di tutup dengan plester anti air. Ibu bebas beraktivitas seperti biasa sampai dengan 7 hari ke depan untuk melakukan kontrol ke dokter kandungan. Tetapi selama 7 hari tersebut bunda juga harus tetap memastikan bahwa plester tersebut menutup luka operasi dengan sempurna. Saat plester telah dibuka, jaga kebersihan luka dengan cairan antiseptik atau salep yang di resepkan dokter.

3. Olahraga ringan

Luka operasi caesar pada awalnya memang agak sakit. Tetapi berbaring saja di tempat tidur tidak akan membuat luka lebih cepat membaik. Semakin cepat mengawali aktifitas kembali, semakin berkurang rasa nyeri yang dirasakan. Setelah infus dilepas, mulailah belajar duduk, berdiri dan berjalan. Gerakan tubuh akan membuat sirkulasi darah lebih lancar dan mempercepat proses penyembuhan. Bagian di sekitar luka bekas operasi caesar jadi tidak terasa kaku. Olahraga yang bisa di lakukan adalah jalan santai dan senam ringan

4. Cukup minum air putih

Mitos harus mengurangi minum air setelah caesar adalah tidak benar. Justru Bunda disarankan untuk minum air yang banyak, minimal 8 gelas sehari. Tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta memperlancar produksi ASI.

5. Gunakan pakaian yang nyaman dan longgar

Selama masa pemulihan setelah menjalani operasi caesar, gunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Hal ini berguna untuk menghindari iritasi karena adanya tekanan maupun gesekan dengan pakaian karena terlalu ketat.

baca juga : Cara Diet Pasca Melahirkan Caesar Yang Benar dan Aman

Nah, ada juga makanan yang disarankan untuk membantu penyembuhan dan luka bekas operasi caesar cepat kering, antara lain sebaga berikut :

1. Lemak sehat

Pasca operasi caesar biasanya tubuh akan memerlukan energi untuk pemulihan. Asam lemak sehat tidak hanya memberikan itu tapi juga dapat memperbaiki kekebalan tubuh. Sumber lemak sehat diantaranya, minyak zaitun, alpukat kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Vitamin

Ingin luka cepat sembuh jangan lupakan kebutuhan vitamin anda. Konsumsi Vitamin A dan C pasca caesar sangat disarankan klarena bersifat menyembuhkan luka. Sumber utama vitamin A bisa didapat dari sayuran berwarna oranye  atau hijau gelap misalnya wortel, ubi jalar, kangkung, bayam, serta brokoli. Sedangkan beberapa makanan sumber vitamin C seperti, jeruk, paprika, buah beri, kentang, tomat dan melon. Beberapa vitamin lainnya juga penting seperti vitamin D, vitamin E dan vitamin K.

3. Mineral

Kehadiran mineral juga tak kalah penting untuk tambahan energi. Mineral seperti seng dan besi berperan aktif dalam penyembuhan luka. Mkanan suber zat besi dan seng diantaranya ada pada daging merah dan unggas, kacang-kacangan, buah aprikot, telur seral serta roti gandum

4. Protein

Makanan penyembuh luka yang terakhir adalah kandungan protein yang terlibat langsung dalam proses penyembuhan luka dan regenerasi jaringan. Makanan tinggi protein ada banyak seperti daging , susu, telur, makanan laut dan sebagainya.

5. Karbohidrat

Selain protein, karbohidrat juga penting karena merupakan sumber energi utama. Karbohidrat bertugas mencegah kerusakan sel dan juga jaringan lebih parah sehingga mendukung penyembuhan. Makanan sumber karbohidrat diantaranya biji-bijian, buah-buahan, syuran, kacang-kacangan dan polong-polongan.

Sumber protein dapat di dapatan pada ikan gabus atau ikan kutuk, ternyata ikan ini memiliki protein yang sangat tinggi dibandingkan dengan telur, daging, dan jenis ikan lainnya. Salah satu jenis protein dalam ikan gabus adalah Albumin yang merupakan jenis protein paling besar dalam tubuh. Albumin memiliki peran penting dalam penyembuhan luka diantaranya dapat mendistribusikan nutrisi ke area yang mengalami luka sehingga proses regenerasi jaringan menjadi lancar. Selain itu kandungan gizi dan vitamin dalam ikan gabus juga cukup lengkap sehingga kebutuhan nutrisi tubuh sehari-hari dapat terpenuhi.

Inilah produk kami yang sangat direkomendasikan untuk keringkan luka bekas operasi caesar dengan 5X lebih cepat yaitu Kapsul Kutuk Premium. Manfaat dari Kapsul Kutuk Premium sendiri adalah sebagai berikut :

– Luka bekas operasi caesar akan 5x lebih cepat kering

– Tidak mempengaruhi ASI

– Menghindari bekas jahitan terkena infeksi

– Tanpa adanya efek samping terhadap Anda

– Lebih cepat proses penyembuhannya hanya (1 minggu pertama)

luka bekas operasi caesar

luka bekas operasi caesar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *