Menghindari Operasi Caesar? Inilah 7 Solusi Terbaiknya!!

Menghindari Operasi Caesar

menghindari operasi caesar
menghindari operasi caesar

Memiliki masalah pada kehamilan membuat seorang ibu menjadi khawatir dan panik. Terlebih jika sudah dalam proses persalinan, ketika ibu menginginkan proses persalinan secara normal. Tetapi ditengah jalan terjadi sesuatu seperti persalinan macet, maka solusinya adalah ibu melakukan proses persalinan melalui operasi caesar. Tidak semua ibu menginginkan proses persalinan caesar, karena akan memiliki waktu penyembuhan lebih lama dan resiko terjadi infeksi lebih besar. Kali ini, saya akan membahas mengenai beberapa cara untuk menghindari operasi caesar.

Berdasarkan penelitian WHO, tingkat operasi caesar lebih tinggi dari 10%  tidak menunjukkan penurunan pada tingkat kematian ibu dan bayi. Tetapi resiko pembedahan besar tetap masih ada. WHO menyimpulkan operasi caesar bisa menyebabkan komplikasi signifikan dan permanen, bahkan kematian, khususnya di tempat dengan kurang fasilitas dan kapasitas untuk melakukan pembedahan yang aman. Operasi caesar idealnya hanya dilakukan ketika secara medis dibutuhkan.

Melahirkan Melalui Operasi Caesar?

Minimnya pengetahuan tentang persiapan operasi caesar, akan berdampak juga pada pemulihan ibu. Operasi caesar (Cesarean Section ) adalah suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding uterus. Pada masa sekarang operasi caesar jauh lebih aman dari pada dulu dengan adanya antibiotika, tranfusi darah, teknik operasi yang lebih sempurna dan anestesi yang lebih baik.

menghindari operasi caesar
menghindari operasi caesar

Karena itu terjadi kecenderungan untuk melakukan operasi caesar tanpa dasar yang cukup kuat, dalam hubungan ini perlu diingat bahwa seorang ibu yang telah mengalami operasi caesar pasti akan mendapat parut uterus dan tiap kehamilan serta persalinan berikutnya memerlukan pengawasan yang cermat berhubungan dengan bahayanya ruptur uteri (Wiknjosastro, 2005). Bisa juga mencari pengetahuan lain mengenai operasi caesar melalui contoh file pdf, makalah, gambar, video yang tersedia di google. Selain itu, puasa pre operasi juga disarankan oleh dokter demi kebaikan untuk ibu supaya tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

baca juga : Stretch Mark Setelah Melahirkan Mengganggu Penampilan? Begini Solusinya!!!

Saya juga melahirkan caesar di kelahiran putri saya yang pertama. Tiga tahun berselang saya melahirkan anak kedua. Meskipun terbiasa dengan pemulihan dengan membaca apa yang saya cari, tapi sebenarnya saya masih merasa tidak siap dengan operasi. Saya tidak ingin hal ini terjadi pada kalian. Selain itu, beberapa ibu hamil juga banyak yang melahirkan caesar secara berulang kali karena beberapa keadaan. Padahal para ahli medis menyarankan untuk menjalani operasi caesar maksimal tiga kali. Hal ini dikarenakan operasi caesar berulang memang memiliki beberapa resiko. Berikut ini ada beberapa resiko operasi caesar yang perlu diketahui oleh ibu hamil :

1. Luka jaringan pada rahim dan organ di sekitar rahim
2. Cedera usus dan kandung kemih
3. Pendarahan hebat
4. Pengangkatan rahim atau histerektomi
5. Muncul masalah dengan plasenta
6. Hernia
7. Nyeri atau mati rasa pada bekas jahitan
8. Rahim pecah (Uterine Rupture)
9. Transfusi darah
10. Infeksi

Apapun yang kamu rencanakan terhadap operasi caesar atau mencoba mempersiapkan persalinan dengan opsi yang pertama. Ada banyak hal yang bisa ibu persiapkan untuk persalinan, rawat inap, sampai persiapan sebelum pulang dari rumah sakit.

Solusi Yang Dapat Dilakukan Untuk Menghindari Operasi Caesar

Ada baiknya jika proses persalinan caesar dilakukan jika ada ganguan medis atau dapat membahayakan ibu dan bayi. Tetapi malah banyak ibu yang memilih operasi caesar menjadi piihan utama untuk proses persalinan. Jumlah ibu yang melahikan melalui operasi caesar semakin banyak, tetapi ternyata beberapa diantaranya dapat melakukan persalinan secara normal. Maka dari itu ada beberapa cara untuk mencegah operasi caesar yang tidak perlu ibu lakukan.

menghindari operasi caesar
menghindari operasi caesar

Berikut beberapa cara agar ibu dapat menghindari operasi caesar :

1. Tetaplah dirumah hingga bukaan ke 3

Menunggu proses persalinan di rumah hingga pembukaan 3 bisa membantu mencegah kelahiran caesar. Dr Elliot Main, direktur obstetri dari Sutter Health di California menuturkan tidak ada orang yang suka berada di rumah sakit untuk waktu yang terlalu lama. Sehingga bisa menimbulkan kegelisahan yang dapat memperlambat proses persalinan. Karena itu tak ada salahnya untuk menunggu sementara di rumah.

2. Memilih rumah sakit dan dokter yang tepat

Jika melahirkan secara normal adalah suatu hal yang penting, maka pilihlah dokter dan rumah sakit dengan tingkat operasi caesar yang rendah. Calon orangtua bisa mencari informasi berapa persen tingkat operasi caesar di rumah sakit tersebut, pilihlah yang memiliki nilai paling kecil. Memilih dokter dengan tingkat caesar rendah jadi langkah penting untuk menghindari operasi caesar. Tapi kelahiran di rumah sakit identik dengan penggunaan obat. Bagi beberapa wanita, pilihan terbaik adalah bidan.

3. Hindari induksi kecuali ada masalah medis

Beberapa penelitian telah menunjukkan menginduksi proses persalinan cenderung mengarah ke operasi caesar. Dr Michael Klein dari University of British Columbia yang mempelajari tentang caesar menuturkan sebanyak 44 persen perempuan yang diinduksi berakhir dengan operasi caesar. Karena merangsang leher rahim ibu yang belum siap dapat mengakibatkan proses persalinan tidak produktif sehingga mengharuskan seseorang untuk menjalani operasi caesar.

baca juga : Makanan Yang Baik Sebelum Melahirkan Caesar, Wajib Bunda Coba!!!

4. Perbanyak jongkok

Ibu tidak hanya perlu berjongkok sebelum persalinan, tetapi  juga harus melakukannya selama persalinan. Olahraga selama hamil membantu tubuh kuat untuk menjalani persalinan, terutama di bagian tubuh yang akan mengejan. Berjongkok jadi satu teknik untuk membuka panggul dan membantu bayi turun. Berjongkok juga memperkuat kaki, yang ibu butuhkan selama proses mengejan. Selama persalinan, berjongkok membuat panggul melebar 20 sampai 30 persen. Ini ruang yang cukup besar untuk membantu bayi keluar. Karena peran gravitasi, berjongkok juga membantu pembukaan jalan lahir, mengurangi stres pada janin, dan menurunkan kebutuhan episiotomi.

5. Mintalah bantuan suami saat melahirkan

Mendapatkan bantuan suami merupakan salah satu hal yang diperlukan ibu, karena sangat sulit melakukan persalinan sendiri. Dukungan sang suami juga salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses persalinan.

6. Mengikuti kelas persalinan alami

Mengikuti kelas persalinan alami menjadi salah satu cara menghindari operasi caesar yang biasanya lebih panjang dan mendalam dengan lebih banyak interaksi dan sedikit ceramah. Instruktur yang baik dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri terhadap tubuh dan membantu ibu yakin dapat menjalani proses kelahiran normal.

7. Beristirahat yang cukup

Beristirahat cukup juga merupakan cara menghindari operasi caesar yang perlu untuk dicoba. Meski ibu tidak tahu kapan akan menjalani persalinan, berisitirahat memberi efek positif terhadap hasil kelahiran. Tidur membuat ibu merasa lebih baik menghadapi persalinan. Tidur di malam hari dan beristirahat di sela kontraksi akan membantu ibu memiliki energi yang cukup untuk mengejan. Masuk ke ruang bersalin membuat ibu merasa lelah dan bila tidak kuat, dokter kemungkinan harus melakukan operasi caesar. Penelitian menunjukkan wanita hamil yang rata-rata tidur selama 6 jam atau kurang secara teratur di akhir kehamilan memiliki kemungkinan 4,5 kali melahirkan melalui operasi caesar. Bahkan tidur 6 sampai 7 jam menyebabkan tingkat operasi caesar 3,7 kali lebih tinggi dibanding yang tidur secara teratur lebih dari 7 jam. Tidur yang berkualitas di malam hari memberi perbedaan besar terhadap hasil kelahiran.

Namun bagi ibu yang telah menjalani proses operasi caesar, ada rekomendasi produk dari kami yang dijamin aman dan tidak mengganggu produksi ASI ibu. Produk kami bernama Kapsul Kutuk Premium, Apa itu Kapsul Kutuk Premium? untuk lebih jelasnya klik link berikut.

Obat Herbal Pasca Operasi Caesar

menghindari operasi caesar

menghindari operasi caesar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *