fbpx

Bahaya Atau Amankah Operasi Sesar?

Proses persalinan normal maupun sesar keduanya sama-sama memiliki risiko yang tinggi bagi ibu dan janin. Terlebih lagi ketika proses persalinan ini tidak dilakukan dengan cara yang tepat.

Para ahli menyatakan jika prosedur operasi sesar bisa menyebabkan masalah fatal selama persalinan. Melahirkan dengan proses persalinan ini sendiri bisa menimbulkan beberapa komplikasi pada ibu maupun janin.

Ada beberapa komplikasi yang besar kemungkinan dialami ibu setelah melakukan operasi sesar. Komplikasi tersebut mulai dari adanya risiko trauma organ tubuh seperti usus, kandung kemih dan pembuluh darah. Para ahli percaya jika prosedur operasi sesar juga bisa meningkatkan risiko melemahnya rahim sehingga akan berisiko pada persalinan selanjutnya.

Dibandingkan proses persalinan normal, pada proses operasi sesar angka kejadian infeksi dan tromboemboli akan lebih tinggi. Ibu juga akan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama setelah operasi sesar. Karena operasi ini mengharuskan ibu dibius terlebih dahulu baik bius lokal maupun umum, ini bisa saja membuat ibu mengalami komplikasi akibat penggunaan obat-obatan bius tersebut.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan jika operasi sesar bisa saja meningkatkan risiko plasenta menempel di tempat yang tidak seharusnya pada proses persalinan selanjutnya. Sementara itu, pada janin komplikasi yang mungkin terjadi adalah trauma. Trauma ini bisa karena pisau dokter pada saat operasi mengenai janin. Melalui operasi sesar, janin juga bisa mengalami sindrom distres pernafasan yang bersifat sementara karena janin tidak melewati tekanan di jalan lahir seperti halnya pada kelahiran normal.

Pada dasarnya, operasi sesar bisa memberikan banyak manfaat pada ibu dan janin. Namun, tidak menutup kemungkinan operasi ini akan memberikan risiko atau komplikasi berbahaya pada keduanya. Ketika memilih proses persalinan, sebaiknya konsultasikan dulu hal ini dengan dokter dan bidan ahlinya. Melahirkan secara normal atau pun sesar sebenarnya sama baiknya dan sama-sama berjuangnya. 

Sumber : https://www.fimela.com/parenting/read/3948133/benarkah-operasi-caesar-benar-benar-aman-untuk-ibu-dan-janin