Makan Pedas Pasca Operasi Caesar, Akankah mempengaruhi Bekas Luka Jahitan?

Makan Pedas Pasca Operasi Caesar

makan pedas pasca operasi caesar
makan pedas pasca operasi caesar

Melahirkan melalui operasi caesar memanglah lebih banyak pantangan baik dari makanan ataupun makanan yang boleh dikonsumsi. Mengapa? Karena setelah operasi caesar akan meninggalkan bekas luka dan jika nutrisi yang dikonsumsi ibu kurang dapat menghambat proses penyembuhan bekas luka. Selain semua ini, penting untuk ibu ketahui bahwa merawat bekas luka juga sangatlah penting agar tidak terjadi infeksi ataupun masalah lain yang dapat membahayakan ibu. Lalu bagimana jika ibu ingin makan pedas pasca operasi caesar? bolehkan makan pedas pasca operasi caesar? Simaklah penjelasan dibawah ini mengenai pertanyaan makan pedas setelah melahirkan caesar.

Makan Pedas Pasca Operasi Caesar Berpengaruhkah pada Jahitan?

Persalinan caesar merupakan suatu proses melahirkan melalui operasi  di bagian perut hingga ke dinding rahim. Setelah proses operasi caesar selesai membutuhkan waktu lama untuk menyembuhkan luka dan memulihkan semua nutrisi yang hilang. Sebenarnya pasca operasi caesar tidak ada pantangan soal makanan apalagi yang mempengaruhi jahitan bekas operasi. Operasi tidak melukai usus, tetapi memang memerlukan tahapan dalam mengonsumsi makanan dan minuman beberapa jam setelah operasi caesar. Karena pengaruh bius dapat mempengaruhi kerja usus dalam mencerna makanan.

baca juga : Jahitan Operasi Caesar Bengkak? Begini Cara Mengatasinya!!!

Hubungan makan pedas pasca operasi caesar mempengaruhi jahitan itu hanya mitos dan tidak terbukti pada sebuah penelitian. Penting untuk ibu ketahui bahwa jahitan bekas operasi bisa terbuka lagi bila ibu mengalami batuk terus menerus, mengedan, dan mengangkat beban terlalu berat yang mempengaruhi peningkatan tekanan pada perut sehingga kulit perut mengalami peregangan dan jahitan bisa terlepas. Bagi ibu yang memilih untuk melakukan persalinan melalui operasi caesar disarankan agar tidak melakukan aktifitas berat hingga 6 minggu untuk masa pemulihan. Rutin membersihkan luka jahitan dengan menggunakan air hangat dan cairan yang mengandung antiseptik, namun hindari produk yang mengandung hidrogen peroksida. Mengapa demikian? Karena bisa memperlambat penyembuhan bekas luka. Setelah dibersihkan usahakan bekas luka supaya tetap kering. Kontrol ke dokter bila terjadi gejala  infeksi atau bekas luka tidak kunjung sembuh.

makan pedas pasca operasi caesar
makan pedas pasca operasi caesar

Infeksi pasca operasi caesar pada luka dan jahitan di kulit perut. Umumnya penyebab infeksi pada bagian luar jahitan Caesar adalah, karena:

  • Kebersihan luka yang kurang terjaga dengan baik.
  • Respon tubuh ibu terhadap bahan dasar benang jahit, sehingga menimbulkan reaksi alergi pada kulit atau disekitar area jahitan.
  • Saat terasa gatal, sering digaruk-garuk.
  • Saat menjahit, mungkin saja Dokter mengambil jaringan kulit (yang dijahit) terlalu banyak, sehingga bekas jahitan menjadi tebal, sehingga lebih lama sembuh. Karena semakin lama luka sembuh, semakin besar untuk terjadinya infeksi.
  • Masuknya kuman pada saat operasi, karena pada saat operasi, terdapat daerah yang terbuka sedangkan diudara banyak sekali kuman sehingga apabila daya tahan tubuh ibu kurang baik, mudah sekali terjadi infeksi.
  • Sterilitas pada saat operasi baik alat dan perangkatnya kurang baik.

Sedangkan untuk gejala infeksi yang sering muncul pada jahitan kulit luar bekas Operasi Caesar, antara lain:

  • Kulit di sekitar luka jahitan tampak kemerahan, meradang atau bengkak.
  • Terasa sangat gatal.
  • Keluar cairan putih kekuningan (nanah) atau darah disela-sela jahitan.
  • Terasa panas di daerah jahitan.
  • Terasa nyeri bila ditekan.

Maka dari itu, apabila menemuai beberapa gejala diatas, tindakan yang bisa ibu lakukan, dirumah yaitu:

  • Tidak menekan-nekan luka yang nyeri.
  • Tidak menggaruk-garuk kembali luka jahitan atau area sekitar luka jahitan yang terasa gatal.
  • Tidak melakukan aktivitas yang melibatkan gerakan membungkuk atau mengangkat beban berat.
  • Membuka kembali perban luka untuk mencegah infeksi bakteri Anaerob (hidup tanpa oksigen) yang ganas.
  • Membersihkan luka dengan memberikan obat antiseptik.
  • Istirahat yang cukup (sementara waktu jangan banyak bergerak).

baca juga : Bahaya Anemia Saat Hamil, Begini Cara Yang Benar Untuk Mencegahnya!!!

Namun, sama halnya dengan operasi besar lainnya, pasca operasi caesar tubuh membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk penyembuhan. Agar proses penyembuhan tidak terhambat dan mendapatkan hasil yang maksimal, disarankan agar ibu tidak makan pedas pasca operasi caesar yang dapat memicu rasa tidak nyaman diperut bahkan dapat menyebabkan diare. Makan pedas pasca operasi caesar juga dikhawatirkan akan berdampak pada ASI ibu dan membut si kecil merasa kembung bahkan dapat mengalami diare juga. Tetapi jika ibu menginginkan makan pedas pasca operasi caesar, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dan lebih baik hindari selama beberapa minggu setelah operasi caesar. Sebab pasca operasi caesar disarankan untuk mengonsumsi makanan bersih, makan pedas pasca operasi caesar dapat menyebabkan masalah pencernaan yang dapat mempengaruhi proses pemulihan setelah operasi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika terlalu sering mengedan dapat menyebabkan jahitan operasi caesar terbuka.

makan pedas pasca operasi caesar
makan pedas pasca operasi caesar

Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Agar Mempercepat Penyembuhan Luka

Mungkin dengan memilih melahirkan normal ibu akan lebih merasakan sakit yang luar biasa, namun tidak membutuhkan waktu lama untuk proses penyembuhannya. Berbeda dengan operasi caesar yang membutuhkan waktu penyembuhan cukup lama dan awal pasca operasi caesar tidak akan merasa aman karena adanya bekas jahitan. Tetapi pada dasarnya, cepat atau lambatnya proses penyembuhan luka tergantung beberapa faktor. Misalnya, tingat keparahan luka, obat-obatan, dan faktor kebersihan. Nutrisi juga berperan penting untuk mempercepat proses penyembuhan luka baik pada operasi ringan maupun operasi berat. salah satu nutrisinya adalah Vitamin C.

baca juga : Hal – Hal Mengenai Makanan Sebelum Melahirkan Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Vitamin C memang sudah dikenal sebagai zat gizi yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Namun di samping itu, penelitian dua ahli bedah dari Universitas Harvard tahun 1937 lalu juga membuktikan khasiatnya untuk menyembuhkan luka. Ya, vitamin C terbukti memiliki peran dalam mengganti jaringan kulit yang rusak akibat luka.

makan pedas pasca operasi caesar
makan pedas pasca operasi caesar

Dikutip dari National Institute of Health, Vitamin ini dapat berperan pada setiap tahap penyembuhan luka, juga bisa meningkatkan elastisitas kulit serta membentuk jaringan parut dan ligamen yang membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Hal ini disebabkan vitamin C mempunyai peranan penting dalam pembentukan kolagen.

Penelitian dari University of Pennsylvania menyebutkan 80% kulit manusia terdiri dari kolagen. Kolagen merupakan perekat yang bermanfaat untuk elastisitas kulit, bekerja sama dengan elastin. Penelitian yang dilakukan oleh Murad et al., 1981 menyebutkan vitamin C berperan dalam setiap sintesis kolagen, dimulai dari pembentukan prekrusor kolagen (pro-kolagen), sampai pada perubahan menjadi kolagen. Supaya dapat membantu menyembuhkan luka tidak hanya mengandalkan asupan dari buah dan sayur saja. Sebab tubuh membutuhkan vitamin C lebih dalam menyintesa kolagen agar dapat menyembuhkan luka. Konsumsilah suplemen vitamin C secara rutin untuk menambah asupan vitamin C yang dibutuhkan.

Tapi ingat pada vitamin C biasa, sebagian jumlah yang diminum justru terbuang kembali lewat urin meskipun dosisnya tinggi. Karena itu seseorang yang sedang menjalani penyembuhan luka disarankan mengonsumsi suplemen vitamin C dengan dosis tepat dan penyerapan maksimal. Selain itu, perhatikan juga apakah lambungmu sensitif terhadap asam sebelum mengonsumsinya. Jika ya, maka kamu disarankan lebih kritis memilih vitamin C. Pilih vitamin C dengan tingkat keasaman yang mendekati air, agar lambungmu tidak terganggu.

Selain vitamin C, berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi ibu dan dapat mempercepat penyembuhan pasca operasi caesar :

1. Makanan yang mudah dicerna seperti yoghurt akan membantu menjaga kesehatan perut Bunda dan mencegah timbulnya perasaan tidak nyaman di lambung.

2. Makanan kaya protein seperti ikan, telur, daging dan kacang-kacangan akan membantu pertumbuhan jaringan pada sel-sel tubuh dan membantu proses pemulihan pasca operasi.

3. Makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, melon, pepaya, anggur dan stroberi akan mempercepat proses pemulihan pasca operasi dan mencegah infeksi.

4. Makanan yang mengandung zat besi seperti kuning telur, daging merah dan kerang akan menjaga kadar hemoglobin dan meregenerasi darah pasca operasi.

5. Makanan kaya kalsium seperti susu, keju, bayam dan tofu akan membantu memperkuat tulang dan gigi.

6. Perbanyak minum agar tubuh Bunda tetap terhidrasi dengan baik.

7. Makanan berserat tinggi seperti sayuran hijau akan membantu mencegah timbulnya konstipasi di perut dan menjaga nutrisi tubuh Bunda untuk membantu proses pemulihan pasca operasi caesar.

baca juga : Vitamin Yang Di butuhkan Ibu Setelah Melahirkan…!! Simak Penjelasan Berikut….

Advertisement

makan pedas pasca operasi caesar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *