Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar Mengganggu Istirahat? Begini Posisi Yang Benar!!!

Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar

posisi tidur pasca operasi caesar
posisi tidur pasca operasi caesar

Setiap orang pasti menginginkan waktu istirahat yang cukup, tak terkecuali ibu yang sedang hamil ataupun setelah melahirkan. Biasanya ibu yang telah melahirkan memiliki waktu yang sedikit untuk tidur, karena mengurus bayi yang baru lahir terutama minggu pertama pasca melahirkan. Terutama masa pemulihan operasi caesar akan membutuhkan kesabaran dan keberanian yang luar biasa. Waktu istirahat yang terganggu pada ibu bisa juga karena posisi tidur pasca operasi caesar yang serba salah. Lalu, bagaimana cara posisi tidur pasca operasi caesar yang benar dan tidak mengganggu waktu istirahat Anda. Simak lebih lengkapnya mengenai posisi tidur pasca operasi caesar.

Diamati bahwa terkadang selama kehamilan dan pada waktu pascapartum, salura udara wanita tidak dapat berfungsi dengan lancar karena peningkatan kadar hormon dan peningkatan isi perut. Kondisi ini dikenal sebagai Obstructive Sleep Apnea (OSA) dan diamati pada banyak wanita. Alasan utama yang membuat Anda sulit tidur yaitu nebderita insomnia, kelelahan, dan depresi setelah operasi caesar.

Posisi Tidur Pasca Operasi Caesar Yang Nyaman dan Benar

Pasca operasi caesar ibu akan merasakan kesulitan untuk mencari posisi tidur yang nyaman dan tidak membahayakan luka bekas operasi caesar. Ketika Anda baru saja merawat dan menyusui bayi, perhatikanlah kesehatan Anda. Posisi tidur yang benar akan memastikan pernafasan yang lebih baik dan tidur dengan nyenyak. Memilih posisi tidur pasca opersi caesar yang paling nyaman akan mengurangi ketegangan pada otot perut dan mengurangi resiko pada sayatan.

Tidak ada posisi tidur terbaik yang berfungsi untuk semua orang. Tergantung pada tingkat kemudahan dan kenyamanan yang Anda alami dalam posisi tertentu dan kemampuan untuk bangun dengan mudah. Berikut beberapa posisi tidur pasca caesar yang terbaik dan menghindari luka terbuka kembali :

1. Posisi tidur Terlentang

Banyak dari sebagian ibu yang telah menjalani operasi caesar mendapatkan posisi tidur yang nyaman dengan cara posisi tidur terlentang. Hal ini biasanya dilakukan pada minggu pertama setelah operasi. Jika Anda memiliki tekanan darah yang tidak normal disarankan untuk tidak melakukannya. Dalam posisi ini sayatan Anda tidak akan mengalami tekanan apapun, dapat juga meletakkan bantal di bawah lutut. Fungsi dari bantak tersebut adalah untuk memastikan agar tubuh dapat berbaring 180 derajat serta menambah kenyamanan bagi punggung. Satu-satunya kekurangan dari posisi tidur pasca operasi caesar ini adalah sulit duduk dan bangun dari tempat tidur dan menekan perut. Setelah beberapa hari cobalah untuk berguling ke samping jika sudah tidak terlalu sakit.

2. Posisi Tidur Miring

posisi tidur pasca operasi caesar
posisi tidur pasca operasi caesar

Posisi tidur pasca operasi caesar yang satu ini mungkin banyak dilakukan oleh Anda yaitu posisi tidur miring. Jika memungkinkan Anda dapat mencobat tidur di sisi kiri karena membantu aliran darah dan pencernaan yang optimal (yang sangat dibutuhkan). Anda juga dapat menggunakan bantal  yang dijepit diantara kedua lutut, menjepit bantal sambil berbaring miring akan membuat punggung dan tulang belakang menjadi stabil dan diusahakan bantal yangdijepit tidak terlalu tebal.  Keuntungan tidur miring pasca operasi sesar adalah Anda dapat menopang siku dan mendorong diri dengan lengan untuk duduk dan bangun dari tempat tidur dengan rasa sakit yang lebih rendah.

3. Posisi tidur 45 Derajat

Anda akan sering menemukan cara posisi tidur pasca operasi caesar dimana bantal bisa menjadi penyelamat. Mereka memang benar, jika tidak ada yang membantu maka sangga dengan tumpukan bantal yang nyaman sehingga seluruh tubuh terangkat tak hanya kepala. Posisi tidur ini lebih sering dterapkan oleh ibu yang benar-benar dalam masa penyembuhan pasca operasi caesar.

posisi tidur pasca operasi caesar
posisi tidur pasca operasi caesar

4. Posisi tidur tegak (duduk di sofa)

Banyak wanita sulit menemukan posisi tidur nyaman pasca operasi caesar. Tetapi banyak yang mengaku tidur sambil duduk di sofa dengan banyak bantal atau di kursi goyang terasa nyaman. Tentu saja itu bukanlah cara yang paling menyenangkan untuk tidur dengan normal, namun itu membuat Anda lebih mudah bangun dan dapat menyusui.

Cara Memperbaiki Tidur Anda Saat Memulihkan

Tidur memainkan peran penting dalam proses penyembuhan, tetapi sebagai ibu baru, Anda tidak mendapatkan banyak dari itu. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda saat Anda sedang memulihkan diri, sehingga Anda dapat tidur nyenyak – bahkan jika hanya beberapa menit. Seorang wanita berusia tiga puluh tahun bangun dan bersiap-siap untuk harinya.

  • Bangun dan Berjalan

Setelah dokter memberi Anda lampu hijau, mulailah bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan. Jangan berlebihan, tetapi jangan hanya duduk-duduk saja. Sedikit gerakan dan aktivitas akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Olahraga juga akan membantu meningkatkan sirkulasi, yang akan mempercepat proses penyembuhan dan menurunkan risiko Anda mengembangkan gumpalan darah.

  • Mempertahankan Diet Sehat

Makanan yang Anda makan memainkan peran langsung dalam proses pemulihan Anda, dan dapat berarti perbedaan antara tidur nyenyak dan terjaga sepanjang malam. Pilih makanan padat nutrisi untuk memastikan bahwa tubuh Anda memiliki semua yang dibutuhkan untuk menyembuhkan. Asam lemak Omega-3 dan vitamin C adalah dua nutrisi penting yang perlu Anda miliki. Keduanya anti-inflamasi, dan omega-3 memiliki efek relaksasi pada tubuh.

Bagaimana dengan Posisi Menyusui Yang Benar?

Operasi Caesar biasanya dilakukan karena beberapa hal, misalnya saja ketika tubuh bayi sungsang hal ini tidak memungkinkan secara normal maka diharuskan melakukannya operasi caesar untuk menyelamatkan nyawa keduanya. Walaupun dengan demikian ketika sang bayi lahir tetap saja masih membutuhkan asupan berupa ASI sebagai nutrisi yang paling penting bagi pertumbuhan si kecil. Inilah yang memicu banyak kekhawatiran bagi sang ibu karena merasa tidak bisa memberi ASI eksklusif untuk buah hatinya. Hal itu disebabkan karena melahirkan secara Caesar memerlukan waktu yang lebih lama ketimbang melahirkan secara normal. Meskipun dalam kondisi tubuh lemas pasca melewati operasi tidak akan menyurutkan keinginan sang ibu untuk memberikan ASI.

Biasanya bayi yang terlahir melalui operasi Caesar pun akan terlihat lebih lesu dan sering tertisur karena bayi tersebut terkena imbas daro obat anestesi saat operasi Caesar berlangsung. Pemberian ASI sejak bayi dilahirkan itu merupakan hal yang baik karena dapat membantu uterus untuk berkontraksi serta kembali pada ukuran semula dengan sangat cepat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan tidak menghindari obat. Pasalnya obat sangat diperlukan untuk menghilangkan rasa nyeri pasca operasi. Selanjutnya adalah dengan meminta dokter untuk memberikan waktu melaukan IMD atau Inisiasi Menyusui Dini karena menyusui merupakan prose salami dimana setiap ibu bisa diberikan kemampuan untuk bisa menyusui sang buah hatinya.

Biasanya ibu dengan anastesi lokal bisa melakukan IMD dimana si kecil akan melakukan kontak skin to skin pada payudara ibu dan berusaha menghisap payudara untuk menyusui. Sang ibu tidak perlu cemas karena proses ini dibantu oleh tenaga medis. Berikut ini adalah beberapa macam posisi menyusui ketika sang ibu melahirkan melalui operasi Caesar.

posisi tidur pasca operasi caesar
posisi tidur pasca operasi caesar

1. Posisi Tidur

Untuk pertama kali menyusui pasca melewati operasi, maka sang ibu dapat meminta bantuan kepada tim media untuk memberikan contoh posisi tidur pasca operasi caesar saat menyusui salah satunya miring serta mengempit yaitu diantara lengan dan tubuh bayi ketika menyusui. Posisi seperti ini dapat melindungi bekas luka operasi pada tubuh sang ibu serta dapat mengurangi beban pada tubuh bayi.

2. Posisi Bersandar

Selain itu sang ibu juga dapat menggunakan kursi yang berlengan dan memiliki sandaran tegak. Bahkan dapat ditambahkan bantal pada sisi sang ibu agar mengangkat tubuh si  kecil sama tinggi dengan payudara sehingga dapat melindungi bekas luka.

3. Peran Suami

Pastikan untuk mengajak suami untuk melihat bagaimana tim medis membantu sang ibu ketika mengatur posisi untuk menyusui dengan nyaman dan benar. Hal ini dapat dipraktekan di rumah ketika sudah keluar dari rumah sakit dimana nantinya sang suamilah yang akan membantu serta mengatur posisi si kecil ketika ingin menyusu.

Rekomendasi Produk Herbal

posisi tidur pasca operasi caesar

Klik Link Dibawah ini Untuk Pemesanan

Beli Obat Herbal

posisi tidur pasca operasi caesar

artikel terkait :

– Bahaya Anemia Saat Hamil, Begini Cara Yang Benar Untuk Mencegahnya!!!

Stretch Mark Setelah Melahirkan Mengganggu Penampilan? Begini Solusinya!!!

– Buang Air Besar Setelah Melahirkan Caesar Terasa Sulit? Ini Solusinyaaa!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *