Tanda Luka Pasca Operasi Caesar Telah Sembuh!

Tanda Luka Caesar Sembuh!!

tanda luka caesar sembuh
tanda luka caesar sembuh

Tanda luka caesar sembuh – Operasi Caesar meninggalkan rasa sakit yang lebih lama dan bekas jahitan di tubuh, sehingga setelah melakukan operasi caesar harus merawat diri dengan baik terutama tanda luka caesar sembuh supaya dapat pulih dengan cepat dan tidak menyebabkan infeksi.

Mulai awal merasa tidak nyaman saat setelah pulang kerumah, karena rasa sakit dapat mengganggu aktifitas sehari-hari. Namun, semakin lama jahitan caesar akan semakin kering dan sembuh jika dirawat dengan baik. Setelah melahirkan bekas jahitan caesar akan terlihat bengkak, kulit menjadi timbul, dan berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya. Mau tidak mau saat ini, Anda harus merawat luka dengan baik, menjaga kebersihannya, dan jangan biarkan menjadi lembab.

Bekas jahitan caesar biasanya memiliki panjang sekitar 10-15 cm dengan lebar 0,3 cm. Namun, lama kelamaan bekas jahitan caesar akan menyusut dalam waktu 6 minggu setelah operasi. Warna bekas jahitan lama kelamaan juga akan seperti warna kulit, ini merupakan salah satu tanda luka caesar sembuh.

baca juga : ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan Caesar? Bagaimana Ibu Menyikapinya?

Selama proses penyembuhan, mungkin akan terasa gatal. Hal ini umum terjadi pada setiap ibu yang telah menjalankan operasi caesar. Rasa gatal muncul karena saraf di daerah bekas jahitan terganggu. Sebaiknya tidak menggaruk luka saat terasa gatal, ini dapat membuatnya semakin buruk. Agar kulit yang terasa gatal dapat berkurang, bisa dengan mengoleskan krim pereda gatal di sekitar bekas luka. Bisa juga dengan mengompres daerah yang gatal dengan es batu yang dibungkus handuk tipis selama 5-10 menit.

Umumnya penyembuhan luka bekas operasi caesar akan berlangsung selama ± 4-6 minggu setelah operasi caesar.  Namun untuk sembuh total atau pulih 100%, maka akan dibutuhkan waktu ± 3 bulan (12 minggu). Setelah 3 bulan, penelitian menyatakan bahwa luka sayatan bekas operasi caesar (dari kulit hingga ke rahim) akan menyembuh 100% jika tidak ada komplikasi setelah operasi caesar.

Tanda Luka Caesar Sembuh – Bekas jahitan caesar bisa mengalami infeksi

Hati-hati, jika tidak merawat bekas jahitan caesar dengan baik, ini dapat menyebabkan Anda terkena infeksi. Infeksi bisa terjadi karena adanya bakteri yang tumbuh pada bekas jahitan. Umumnya, infeksi pada bekas jahitan caesar jarang terjadi. Namun, risiko infeksi tinggi pada wanita yang memiliki diabetes, penyakit autoimun, tekanan darah tinggi, atau yang memiliki komplikasi kehamilan.

luka cesar sembuh

Jika mengalami tanda-tanda infeksi seperti di bawah ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter :

  • Bekas jahitan tidak kunjung berubah warna, memerah, bengkak, atau mengeluarkan nanah
  • Anda mengalami demam lebih dari 38 derajat Celcius
  • Anda merasakan sakit di sekitar bekas jahitan

Beberapa hal dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan luka bekas jahitan caesar, yaitu:

  • Jaga luka agar tetap bersih. Tidak masalah jika luka Anda kena air dan sabun saat mandi, yang terpenting segera keringkan luka dengan handuk bersih. Jika luka masih diperban, ganti perban secara rutin.
  • Biarkan luka Anda terkena udara, hal ini untuk mencegah daerah yang luka menjadi lembab. Udara juga dapat mempercepat penyembuhan luka Anda.
  • Periksakan jahitan caesar Anda ke dokter secara rutin untuk melihat perkembangan penyembuhannya.
  • Istirahat yang cukup dan minum banyak cairan untuk mempercepat pemulihan tubuh Anda setelah operasi caesar.
  • Tetap bergerak untuk menjaga sirkulasi darah Anda berjalan lancar. Namun, hindari membungkuk, memutar tubuh Anda, atau membuat gerakan tiba-tiba. Hindari juga mengangkat sesuatu yang berat.

baca juga : Hal – Hal Yang Menyebabkan Jahitan Melahirkan Caesar Terbuka

Tips agar luka operasi caesar dapat cepat sembuh :

  • Gerakkan kaki dan berjalan ringan
  • mengelola emosi dengan baik
  • Merawat luka dengan baik dan benar
  • Waktu istirahat yang cukup
  • Konsumsi makanan yang tinggi serat
  • Pintar – pintarlah dalam memilih makanan
  • Mengenali apa saja bahaya luka

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai informasi tanda luka caesar sembuh. Semoga dapat membantu Anda yang sedang masa pemulihan pasca operasi caesar. Sehat selalu untuk Anda dan si kecil.

*** Semoga bermanfaat ***

Advertisement Herbal Product

tanda luka caesar sembuh

Klik link berikut untuk pemesanan

order kapsul kutuk premium

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *