Bekas Jahitan Operasi Caesar Mengeras? Penyebab Inilah Yang Membuat Bahaya!

Bekas Jahitan Operasi Caesar Mengeras

 bekas jahitan operasi caesar mengeras
bekas jahitan operasi caesar mengeras

Proses persalinan yang paling ditakuti banyak orang yaitu persalinan melalui operasi caesar. Mengapa begitu? Karena persalinan melalui operasi caesar proses penyembuhannya membutuhkan waktu lebih lama dibanding persalinan normal. Persalinan operasi caesar pastinya akan meninggalkan bekas luka dan harus bunda rawat dengan benar. Operasi caesar memanglah tidak terasa sakit saat proses persalinan, namun bunda akan mendapatkan bekas luka jahitan. Selain itu resiko pasca operasi caesar lebih beras daripada persalinan normal, seperti infeksi, bekas jahitan mengeras, bekas jahitan terbuka, dan lain sebagainya. Disini akan dibahas “Mengapa bekas jahitan operasi caesar mengeras?,” Apa yang menjadi penyebabnya? Simaklah beberapa tips mengatasi bekas jahitan operasi caesar mengeras dan penyebab yang dapat mengakibatkan masalah tersebut.

MENGAPA OPERASI CAESAR?

Banyak wanita hamil yang memilih persalinan melalui operasi caesar walaupun persalinan normal dapat dilakukannya. Mengapa demikian? Alasan setiap orang bermacam-macam. Seperti tidak menginginkan merasakan sakitnya kontraksi, takut melahirkan normal, karena ingin melahirkan di tanggal cantik. Alasan terakhir merupakan alasan yang banyak dijumpai, karena mungkin melahirkan ditanggal cantik dapat lebih mudah untuk mengingat hari kelahiran. Namun sebaiknya sebelum memilih melahirkan caesar, bunda cari tahu telebih dahulu mengenai kekurangan dan kelebihan dari operasi caesar dan konsultasikan pada dokter kandungan bunda. Ada pertimbangan lain juga yang perlu bunda ketahui mengenai kelahiran si kecil. Alasan memilih operasi caesar karena tanggal cantik pertimbangkan terlebih dahulu kondisi bayi seperti kesiapan dan kesehatan si kecil, apakah sudah siap untuk dilahirkan. Waktu yang tepat untuk melangsungkan proses persalinan yaitu pada minggu ke 39 atau bahkan lebih. Karena bayi yang lahir sebelum usia 39 minggu dapat meningkatkan resiko mengalami masalah pernafasan, penyakit jantung, infeksi, dan gula darah rendah.

baca juga : Hal – Hal Mengenai Makanan Sebelum Melahirkan Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Keuntungan operasi caesar salah satunya dapat lebih mudah untuk mengatur cuti hamil dan mengatur urusan lain di rumah pasca operasi caesar. Sebagaimana jika bunda berfikir bahwa operasi caesar tidak lebih sakit dibandingkan persalinan normal. Operasi caesar biasanya tidak akan menghadapi resiko berikut, antara lain :

  • Robek pada vagina atau perineum
  • Rasa sakit pada vagina atau perineum
  • Inkontinensia urin
  • Disfungsi seksual

Jika dibandingkan dengan persalinan normal atau operasi caesar yang tidak direncanakan, operasi caesar yang direncanakan juga memiliki risiko yang lebih rendah terhadap hemoragik (kehilangan banyak darah) selama operasi. Saat bunda melahirkan caesar mungkin tidak merasakan sakit dalam prosesnya, tetapi setelah operasi caesar, bunda akan merasakan sakit dan bunda membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih kembali. Bunda harus berada beberapa hari lagi di rumah sakit sampai kondisi benar-benar pulih dan di izinkan pulang oleh dokter. Berbeda dengan wanita yang melahirkan normal, ia bisa pulang lebih cepat daripada wanita yang melahirkan caesar. Waktu pemulihan ini bisa menyulitkan bunda dalam merawat bayi yang baru lahir. Selain itu, luka sayatan bekas operasi caesar juga bisa membuat bunda tidak nyaman saat menyusui dan bunda harus merawat luka ini dengan baik. Hal ini juga dapat membatasi aktivitas bunda.

Operasi caesar merupakan sebuah operasi yang juga memiliki risiko seperti operasi lainnya, yaitu:

  • Perdarahan
  • Infeksi
  • Luka pada kandung kemih atau usus
  • Reaksi terhadap obat
  • Pembekuan darah (trombosis)

Alasan lain yang mungkin bunda memilih operasi caesar sebagai persalinan yang aman, seperti :

  • Ukuran bayi besar sedangkan ukuran pinggul bunda kecil.
  • Bayi dalam posisi yang tidak memungkinkan seperti, sungsang.
  • Bunda akan melahirkan bayi kembar.
  • Proses pembukaan yang terlalu lambat sehingga si bayi tidak mendapatkan cukup oksigen.
  • Pengalaman traumatik bunda yang sebelumnya pernah melahirkan secara normal.
  • Bunda memiliki riwayat medis yang tidak mendukung untuk melahirkan secara normal (diabetes, tekanan darah tinggi, HIV, herpes, atau masalah pada plasenta).
 bekas jahitan operasi caesar mengeras
bekas jahitan operasi caesar mengeras

Jika bunda mengalami kondisi-kondisi tersebut dan dokter telah merekomendasikan, maka sebaiknya bunda melakukan persalinan sesuai prosedur demi keselamatan bunda dan bayi. Persalinan normal maupun  operasi caesar, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Lakukanlah persalinan yang sesuai rekomendasi dokter dan esehatan bunda, agar bunda dan bayi sehat serta selamat.

Apa Penyebab Bekas Jahitan Operasi Caesar Mengeras?

Terasa keras dibawah kulit operasi merupakan hal yang normal terjadi akibat dari pembentukan jaringan parut. Jaringan luka akan menyatu dan menyebuhkan kembali, namun terbentuk jaringan parut yang terasa lebih keras. Hal tersebut normal dan yang perlu diwaspadai bia disertai gejala seperti berikut ini :

  • Kemerahan pada kulit
  • Terasa nyeri
  • Bekas jahitan bengkak

Bekas jahitan operasi caesar mengeras mungkin itu merupakan munculnya keloid. Keloid merupakan jaringan parut yang tumbuh berlebihan karena proses penyembuhan yang berlebihan dan tidak juga mengecil seiring berjalannya waktu. Keloid tumbuh melebihi garis luka pada kulit dan biasanya timbul setelah 3 bulan bahkan sampai tahunan setelah terbentuknya luka. Hal ni dapat diidentifikasi dengan memperhatikan adanya jaringan yang timbul, keras, tidak beraturan, berbatas tegas, dan biasnaya berwarna coklat dan keputihan pada daerah bekas luka. Terkadang terjadi keloid pada beka sluka dapat terasa gatal dan nyeri.

baca juga : Masa Nifas Setelah Melahirkan Caesar, Apakah Harus 40 hari?

Ada juga yang mengatakan jika bekas jahitan operasi caesar mengeras itu berupa sikatriks hipertrofi dimana jaringan fibrosa kulit tumbuh lebih banyak dari seharusnya. Sebenarnya keduanya memiliki karakter yang serupa, berupa penonjolan jaringan kulit di atas bekas luka. Bedanya, pada keloid jaringan yang tumbuh berlebih ini akan melebar melewati batas luka operasi. Sedangkan sikartriks hipertrofi jaringan yang hanya tumbuh di atas bekas luka. Pertumbuhan jaringan yang berlebih ini dapat disertai dengan kemerahan dan gatal. Sikatriks hipertrofi yaitu jaringan berlebih yang biasanya timbul satu bulan setelag terbentuk luka operasi, sedangkan keloid jaringan tumbuh 3 bulan hingga 1 tahun setelah luka terbentuk. Biasanya sikatriks hipertrofi akan berkurang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Namun untuk menghilangkannya bisa dengan terapi seperti menghilangkan keloid. Terapi yang digunakan antara lain radiasi, laser, penyuntikan di jaringan tersebut, terapi interderon hingga dengan operasi pengangkatan jaringan, dan lain sebagainya.

bekas jahitan operasi caesar mengeras
bekas jahitan operasi caesar mengeras

Akan tetapi untuk memastikan bahwa bekas jahitan operasi caesar mengeras itu yang bunda maksudkan keloid atau sikatriks hipertrofi, diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter. Oleh karena itu, apabila yang bunda alami cukup mengganggu, sebaiknya bunda mengkonsultasikannya langsung kepada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menentukan terapi yang paling sesuai dengan kondisi bunda.

baca juga : Inilah Penyebab infeksi Rahim Setelah Melahirkan Caesar

Perawatan yang Perlu Dicoba untuk Bekas Jahitan Operasi Caesar Mengeras

Cara menghilangkan keloid juga tidak gampang, seperti yang sudah dijelaskan diatas bisa saja memerlukan operasi lagi. Tetapi ada alternatif lain yang hanya untuk mengecilkan keloid tidak untuk menghilangkan keloid sepenuhnya. Agar tidak terjadi keloid, saya akan membagikan cara mengganti perban yang baik dan benar agar luka setelah operasi caesar segera sembuh. Pernah melihat perawat mengganti perban dirumah sakit? nah caranya kurang lebih seperti itu, hanya saja dilakukan oleh bunda sendiri. Berikut penjabarannya :

  • Selalu memperhatikan kebersihan tangan

Merawat luka setelah caesar salah satunya dengan menjaga kebersihan tangan. Misalnya, sebelum mengganti perban, tangan harus steril agar kuman dan bakteri tidak akan masuk ke dalam luka atau perban yang akan diganti. Bakteri akan sangat cepat masuk ke dalam luka dan merekalah yang selalu menjadi penyebab terjadinya infeksi. Pastikan juga agar luka tidak terkena air agar luka tetap kering. Cucilah tangan dengan sabun dan air yang mengalir, lakukan ini setiap kali sebelum dan sesudah mengganti perban.

  • Perhatikan perban yang akan digunakan

Memperhatikan perban yang akan digunakan tidak ada salahnya, karena perban akan berpengaruh pada luka yang akan dibalut. Palin penting adalah kesterilan dan serat yang akan membantu sirkulasi darah dan sirkulasi udara pada luka tetap lancar.

  • Lihat perkembangan kesembuhan luka

Liatlah perkembangan luka pada beberapa hari setelah operasi, apabila mengalami perkembangan atau sudah terlihat kering. bunda sudah benar merawat luka setelah operasi caesar. Jika luka yang dialami terus saja basah, sebaiknya tanyakan kepada dokter kandungan. Bunda tetap harus menjaga perban agar tetap bersih untuk terhindar dari berbagai debu, goresan, dan bakteri.

bekas jahitan operasi caesar mengeras

BAGAIMANA JIKA PERBAN MENEMPEL PADA LUKA?

Perban menempel pada luka yang masih basah dan belum sepenuhnya kering. Hal ini akan selalu membuat kekhawatiran sebagian orang. Luka bekas operasi caesar sangat membutuhkan perawatan khusus, lakukan hal ini dengan hati – hati dan perlahan. Jangan coba – coba menarik perban yang menempel pada luka, karena itu akan menyebabkan luka yang telah mongering akan terkelupas kembali. Nantinya akan membutuhkan waktu lebih lama untuk pemulihan. Jika perban terus menempel, bunda bisa mencoba dengan menggunakan air hangat untuk memudahkan perban lepas dari luka. Bisa juga menggunakan cairan infus, karena itu sangat membantu untuk membuka perban yang menempel.

Berikut panduan jika bunda hendak mengganti perban sendiri :

  • Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun
  • Gunakan sarung tangan bila menolong orang lain
  • Lepaskan perban
  • Ganti sarung tangan steril
  • Bersihkan dengan kasa steril dan larutan garam fisiologis
  • Oleskan salep antibiotik
  • Tutup dengan balutan tahan air atau tutup dengan plester dan kasa
  • Segera hubungi dokter jika terjadi :
  • Nyeri pada luka
  • Demam
  • Luka operasi bertambah merah, bengkak, dan terasa hangat
  • Keluar nanah, darah, atau cairan lain
  • Jahitan operasi terbuka
  • Luka berbau
  • Muncul kemerahan, gatal, bintik – bintik seperti jerawat di sekitar balutan penutup luka

Mencegah timbulnya keloid pada bekas jahitan bisa juga dengan cara mengonsumsi obat herbal yang bernama Kapsul Kutuk Premium. Apa sih keunggulan obat herbal ini dibanding yang lain? Kapsul Kutuk Premium merupakan obat herbal 100% alami yang dibuat dari ekstrak ikan Channa Striata, diproses secara ilmiah dan modern. Sangat efektif dan efisien untuk membantu proses pembentukan aringan sel baru, serta mengandung ekstrak Channa Striata diolah secara higienis dan modern serta memiliki konsentrasi ekstraksi dengan perbandingan 10:1 yang ± setara dengan 5000 mg simplisia kering Channa Striata. Channa Striata dikenal sangat kaya akan albumin, salah satu jenis protein penting dan sangat diperlukan dalam proses penyembuhan pasca operasi, luka bakar, luka kecelakaan, dan pasca melahirkan.

Kapsul Kutuk Premium dikelola dari 100% Channa Striata dengan proses ekstraksi untuk mengoptimalkan khasiat Channa Striata, sehingga memudahkan untuk diserap dan dikeluarkan oleh tubuh tanpa mengawatirkan akan efek samping dari obat Kapsul Kutuk.

Manfaat Kapsul Kutuk Premium:

1. Mempercepat proses penyembuhan pasca operasi

2. Meningkatkan kadar albumin

3. Mempercepat penyembuhan luka dalam/luka luar

4. Membantu proses penyembhan pada penyakit:

  • Hepatitis, TBC/infeksi paru-paru, Nephotic Syindrome, Tonsiltis
  • Thypus, Diabetes, Patah tulang, Gastritis, ITP, HIV
  • Sepsis, Stroke, Thalasemia minor

5. Membantu menghilangkan Oedem (pembengkakan)

6. Memperbaiki gizi buruk pada bayi, anak, dan ibu hamil

Keunggulan Kapsul Kutuk Premium

1. Kapsul Kutuk dibuat dari 100% bahan herbal, sehingga aman untuk ginjal & organ lain

2. Telah lolos uji standar Badan Pengawasan Obat dn Makanan (BPOM RI)

3. Diproduksi secara higienis dibawah pengawasan apoteker ahli dengan pedoman CPOTB

4. Telah mendapatkan legalitas dari MUI dan BPOM RI

5. Dengan bahan ektrak, formula tepat, dan akurat. Sehingga reaksi lebih cepat dan efektif mengobati penyakit

bekas jahitan operasi caesar mengeras

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *