Buah Pasca Caesar Yang Baik dan Aman Untuk Ibu Menyusui

Buah Pasca Caesar

buah pasca caesar
buah pasca caesar

Konsumsi buah sehari-hari baik untuk kesehatan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya ibu hamil saja yang membutuhkan nutrisi yang baik untuk tubuh, tetapi ibu menyusui juga sangat membutuhkan asupan makanan sehat dan bergizi agar produksi ASI menjadi lancar dan berkualitas agar tumbuh kembang si kecil optimal. Makanan yang memiliki nutrisi yang baik bisa dengan konsumsi buah-buahan. Ada beberapa buah yang baik untuk ibu konsumsi dan ada juga beberapa buah yang sebaiknya tidak di konsumsi oleh ibu pasca operasi caesar. Simak penjelasan dibawah ini mengenai buah pasca caesar.

Buah Pasca Caesar Yang Aman Untuk Ibu Menyusui

Seorang ibu yang menyusui setelah proses persalinan tentunya membutuhkan nutrisi dan tenaga yang baik. Makanan yang sehat dan bergizi juga akan mempengaruhi produksi ASI supaya lancar dan berkualitas agar pertumbuhan si kecil optimal. Buah adalah salah satu makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu menyusui. Karena di dalam buah terdapat banya sekali kandungan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh si kecil untuk mendukung pertumbuhannya. Dalam buah-buahan terkandung sumber mineral dan vitamin yang sangat baik. Buah-buahan tersebut menjadikan ASI bermanfaat untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh si kecil, melancarkan sistem pencernaan, merangsang pertumbuhan tulang dan gigi, menangkal serangan radikal bebas penyebab penyakit dan lain-lain.

baca juga : Nutrisi Pasca Caesar Yang Baik Untuk Dikonsumsi Bunda

Bagi ibu menyusui, makan buah-buahan dapat membantu memperlancar produksi ASI, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama menyusui. Serta mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan caesar. Ada berbagai macam buah yang dapat ditemukan di sekitar kita, namun di bawah ini beberapa buah yang baik untuk ibu konsumsi saat sedang menyusui :

1. Pepaya

Buah pasca caesar pertama yang baik untuk ibu menyusui yaitu pepaya. Buah yang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal itu karena kandungan nutrisi yang terkandung dalam pepaya lengkap, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan serat yang terkandung dalam pepaya juga baik untuk membantu melancarkan dan mencegah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Betakarotin dan zat antioksida juga terdapat dalam buah pepaya yang dapat menangkal serangan radikal bebas. Maka dari itu, buah ini sangat bagus dikonsumsi untuk ibu menyusui.

2. Mangga

Buah yang satu ini banyak menyukainya, bahkan di setiap rumahpun sudah banyak yang mempunyai pohonnya. Sehingga tidak sulit untuk mendapatkan buah yang satu ini. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap dan baik untuk kesehatan seperti vitamin A, B1, B3, B6, C, E, dan asam folat. Selain itu buah mangga merupakan salah satu sumber minerak penting yang dibutuhkan oleh tubuh ibu selama menyusui. Misalnya zat besi, kalium, kalsium, tembaga, magnesium, mangan, dan seng. Semua kandungan nutrisi yang ada dalam buah mangga salah satu manfaatnya yaitu membantumeningkatkan proses pembentukan dn penyerapan sel darah merah ke seluruh jaringan.

3. Apel

Apel buah pasca caesar yang banyak disuaki banyak orang ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama bagi ibu menyusui. Vitamin A, B, C, K, kalsium, kalium, fosfor, omega 3, dan zat antioksida adalah beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah apel. Konsumsi buah apel secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit.

4. Alpukat

Jenis buah yang satu ini mengandung sumber energi, sehingga buah ini sangat cocok untuk diberikan pada ibu menyusui dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah alpukat yaitu vitamin A, B, C, E, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, dan masih ada kandungan gizi lainnya. Asam lemak sehat juga terdapat pada buah alpukat yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Konsumsi buah alpukat secara rutin dapat membuat tubuh tidak akan cepat lelah dan selalu bugar sepanjang hari. Konsumsi alpukat bisa dengan cara di buat jus ataupun dimakan dalam campuran es buah.

5. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C nya. Sumber vitamin C ini sangat dibutuhkan oleh tubuh baik tubuh si kecil maupun ibu. Vitamin C juga dapat berperan sebagai antioksida yang memiliki kemampuan menangkal serangan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh serta mencegah perkembangan penyakit yang dapat menyerang ibu dan si kecil. Jeruk juga mengandung nutrisi lain yang tidak kalah pentingnya seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, kalsium, magnesium, tembaga, asal folat, zat besi, fosfor, dan lain sebagainya.

6. Buah naga

Buah yang satu ini pastinya semua juga sudah sangat kenal, buah naga bermanfaat untuk kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Bagi ibu menyusui, buah naga sangat baik karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh saat menyusui. Kandungan yang terdapat dalam buah naga yaitu vitamin C, B1, B2, B3, B12, kaya serat, zat besi, kalsium, fosfor, dan juga zat antiokidan. Selain bagus untuk ibu menyusui, buah naga juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan gula darah, dan dapat membatu meningkatkan proses pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

7. Strawbery

Terakhir ada buah strawbery, buah ini begitu digemari banyak orang terutama anak-anak. Selain karena rasanya yang menyegarkan strawbery juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah starwberi mengandung vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, E, dan vitamin K. Selain vitamin tersebut, buah strawbery juga mengandung senyawa antioksida yang mampu melindungi tubuh dari infeksi kuman, virus, dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit.

Agar kegiatan menyusui tidak berjalan sia-sia dan membawa dampak negatif untuk kesehatan maksimal si kecil. Maka menurut Medline Plus, ibu perlu mengonsumsi 24 porsi buah setiap harinya. Alasannya karena tubuh mebutuhkan lebih banya vitamin dan mineral, seperti folat, protein, iodin, zinc, vitamin A, B6, dan vitamin C. Nutrisi tersebut sudah dijabarkan di atas terkait dengan buah  yang memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan ibu menyusui.

Pisang Buah Pasca Caesar Amankah Dikonsumsi?

Melahirkan adalah pengalaman yang luar biasa namun itu dapat membebani tubuh jika Anda memilih untuk melakukan operasi caesar. Pasca operasi caesar, tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih daripada setelah persalinan normal. Selama waktu penyembuhan pasca operasi caesar tubuh membutuhkan nutrisi yang tepat dan cukup yang penting untuk Anda dan bayi. Terutama bagi ibu yang lansung menyusui, sangatlah membutuhkan banyak nutrisi dari makanan yang bergizi.

buah pasca caesar
buah pasca caesar

Buah pisang adalah salah satu buah pasca caesar yang baik, apalagi bagi Anda yang langsung ingin diet sangatlah bagus. Pisang memiliki banyak nutrisi yang dapat menbantu tubuh Anda untuk pulih cepat. Buah pasca caesar yang satu ini memiliki banyak manfaat. Pisang adalah sumber potassium tebesar yang merupakan mineral penting untuk periode pemulihan dan juga kemampuan seluruh tubu bayi agar berfungsi baik. Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit Anda serta mengirimkan impuls saraf yang penting. Selain itu, bisa juga menjaga tekanan darah agar stabil, membantu otot berkontraksi, dan membantu tubuh melepaskan energi dari protein, lemak, dan karbohidrat.

Kandungan vitamin A, C, dan seng juga ada dalam buah pisang, hal itulah yang memperbaiki kulit dan jaringan di bawahnya. Serta menjaga sistem kekebalan tubuh untuk mengontrol peradangan dan memperbaiki luka secara langsung. Mungkin Anda merasa sembelit setelah operasi caesar, itu terjadi karena tubuh membutuhkan seikit waktu untuk memulai buang air besar lagi. Sehingga untuk membantu memudahkan proses tersebut, Anda memerlukan jumlah serat yang cukup dan itu bisa Anda dapatkan pada buah pisang. Magnesium, folat, dan besi adalah beberapa unsur penting lainnya yang dibutuhkan tubuh pasca operasi caesar. Buah pisang adalah cara yang baik untuk mendapatkannya,  sekarang setelah Anda tahu betapa pentingnya buah pisang untuk ibu setelah perslinan caesar.

baca juga : Makan Mie Instan Setelah Melahirkan Caesar? Beginilah Akibatnya!!!

Tidak hanya makan pisang buah pasca caesar yang baik, ada beberapa makanan lain yang dapat membantu penyembuhan pasca operasi caesar. Berikut makanan lain setelah operasi caesar :

  • Kacang-kacangan, kacang ini kaya akan protein yang membatu pertumbuhan sel-sel jaringan baru yang akan mempercepat proses penyembuahan.
  • Buah dan Sayuran yang mengandung vitamin A dan vitamin C, vitamin A dan C menyediakan jumlah kalsium dan zat besi yang dibutuhkan dan juga membantu melawan infeksi dan memperkuat kekebalan.
  • Oats dan ragi, kedua makanan in benar-benar penuh dengan unsur-unsur baik, kaya akan serat, dan juga sumber karbohidrat, kalsium, protein, zat besi.
  • Air putih, buang air besar yang tidak teratur atau terjadi sembelit dapat diatasi dengan meningkatkan asupan cairan. Tak hanya air putih yang dikonsumsi, bisa juga teh, air kelapa, susu rendah emak. Minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari atau kurang lebih 2 liter.

Apa saja makanan pasca operasi caesar yang dihindari?

Hindari makanan yang bisa menyebabkan sembelit atau makanan yang mengandung gas. Makanan yang mengandung gas eperti soda, buncis, dan sayuran seperti kembang kol, kentang, dan lain sebagainya. Karena akan membuat perut Anda tegang. Makan gorengan, pedas, dingin, tidak dimasak, makanan cepat saji, minuman beralkohol. Itulah beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari setelah operasi caesar. Perlu diingat, setelah melahirkan kesehatan Anda tetap harus menjadi proiritas, ibu sehat membuat bayi lebih kuat.

buah pasca caesar
buah pasca caesar

Berikut penjabaran makanan yang dilarang pasca operasi caesar :

1. Makanan pedas

Ibu sebaiknya menghindari makanan-makanan pedas. Karena makanan pedas (terutama sambal) dapat memperburuk kondisi pencernaan bagi ibu yang memiliki riwayat sakit maag dan dapat menyebabkan diare. Selain itu bila ibu makan makanan pedas setelah melahirkan, dipercaya hal tersebut juga dapat mempengaruhi bayi yang disusuinya, yaitu bayi bisa ikut mengalami diare (mencret).

2. Minuman beralkohol

Ibu juga harus menghindari minuman beralkohol karena selain membuat perut ibu terasa panas juga dapat menyebabkan kondisi ibu semakin lama untuk pulih. Parahnya lagi dapat meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius.

3. Makanan penyebab gas

Semua ibu yang baru melahirkan sebaiknya juga menghindari semua jenis makanan yang bisa menghasilkan gas perut. Termasuk makanan yang mengandung rasa asam tinggi. Makanan yang menghasilkan gas perut bisa menyebabkan bayi menangis terus menerus, perut kembung pada bayi, bayi diare, dan dehidrasi. Beberapa makanan yang bisa menghasilkan gas perut seperti bawang, kubis, terong, makanan dari karbohidrat olahan, dan kacang-kacangan

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji bukanlah makanan yang disarankan sekalipun Ibu tidak sedang sakit apapun. Makanan jenis ini tidak punya nutrisi serta vitamin yang dapat membantu mempercepat penyembuhan, hanya tinggi akan kalori, tinggi lemak, berminyak dan tinggi garam yang tentu dapat mempengaruhi kondisi kesehatan.

baca juga : Cara Diet Pasca Melahirkan Caesar Yang Benar dan Aman

5. Makanan berminyak atau gorengan

Makanan terakhir yang sebaiknya ibu hidari adalah gorengan atau makanan yang berlemak tinggi. Makanan yang digoreng dengan minyak sawit mengandung minyak berlebih. Lemak bisa menyebabkan penumpukan untuk tubuh sehingga menghambat proses metabolisme yang sehat. Selain itu makanan ini juga bisa menyebabkan tubuh mengalami kenaikan gula darah tinggi sehingga tidak baik untuk ibu yang baru melahirkan. Tidak makan makanan yang berminya juga menjadi cara diet ibu saat menyusui.

Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai makanan dan buah pasca caesar yang baik dan yang tidak disarankan untuk Anda konsumsi. Semoga Anda bisa mencoba cara diatas supaya proses penyembuhan dapat berlangsung dengan cepat.

baca juga : Obat Herbal Untuk Penyembuhan Pasca Operasi Caesar, Apakah Itu???

*** Semoga Bermanfaat ***

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *